Sabtu, 22 September 2012

Nikmat Persahabatan Karena Allah


Oleh: Al-Ustadz Abdurrahman Mubarak 

                            Bismillaahir Rohmaanir Rohiim


Nikmat Allah  sangatlah banyak. Tak mungkin seorang pun bisa
menghitungnya. Allah  berfirman:
“Jika kalian mau menghitung nikmat Allah niscaya kalian tak akan bisa menghitungnya.” (Ibrahim: 34) Ibnul Qayyim  menjelaskan macam-macam nikmat Allah  kepada hamba-hamba-Nya:
- Nikmat yang telah didapat dan telah diketahui hamba-Nya
- Nikmat yang ditunggu-tunggu dan diharap-harap oleh hamba-Nya.
- Nikmat yang telah didapat hamba tapi dia tidak merasakannya. Jika Allah  akan menyempurnakannikmat-Nya kepada seorang hamba maka Allah  akan membimbing hamba ini untuk mengetahui nikmat yang telah didapatnya dan diberi taufiq untuk
mensyukurinya. (Al-Fawaid hal. 169)



Wahai hamba Allah , diantara sekian nikmat Allah  kepada kita semua adalah dipersaudarakan dan

disatukannya hati-hati kita, kaum muslimin, di atas agama ini. Allah  berfirman:
“Dan berpeganglah kamu semuanya kepada tali (agama) Allah dan janganlah kamu bercerai-berai, serta ingatlah akan nikmat Allah kepadamu ketika kamu dahulu (masa jahiliah) bermusuh-musuhan. Maka Allah mempersatukan hatimu lalu menjadilah kamu karena nikmat Allah, orang- orang yang bersaudara; dan
kamu telah berada di tepi jurang neraka, lalu Allah menyelamatkan kamu darinya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu, agar kamu mendapat petunjuk.” (Ali Imran: 103)
Allah  berfirman:
“Dan yang mempersatukan hati mereka (orang-orang yang beriman), walaupun kamu membelanjakan semua
(kekayaan) yang berada di bumi, niscaya kamu tidak dapat mempersatukan hati mereka, akan tetapi Allah telah mempersatukan hati mereka. Sesungguhnya dia Mahaperkasa lagi Mahabijaksana.” (Al-Anfal: 63) Persahabatan yang dilakukan karena Allah  dan di jalan Allah  akan mendatangkan banyak keutamaan bagi seorang muslim. Diantara keutamaan tersebut:
1. Persahabatan yang dibangun lillah (karena Allah) dan fillah (di jalan Allah) adalah ikatan iman
yang terkuat. Rasulullah n berkata:
“Cinta karena Allah l dan benci karena Allah l adalah ikatan iman yang paling kuat.” (HR. Ath-Thabarani dan dihasankan Asy-Syaikh Albani dalam Ash- Shahihah no. 998)

2. Orang yang saling mencintai karena Allah l akan

mendapatkan naungan. Rasulullah  menyatakan:
“Tujuh golongan yang akan mendapatkan naungan pada saat tidak ada naungan kecuali naungan Allah : pemimpin yang adil, pemuda yang tumbuh dalam ibadah kepada Allah , seorang yang hatinya senantiasa terkait dengan masjid, dua orang yang saling mencintai karena Allah l, bersatu dan berpisah di atasnya,seseorang yang diajak berzina oleh seorang wanita yang memiliki kedudukan dan kecantikan namun pemuda tersebut berkata: ‘Aku takut kepada Allah ’, seorang yang bershadaqah dan ia menyembunyikan shadaqahnya hingga tangan kirinya tidak mengetahui apa yang diinfaqkan tangan kanannya, serta seorang yang berdzikir kepada Allah  sendirian hingga meneteskan air mata.” (HR. Al-Bukhari no. 660 dan Muslim no.1031)

3. Allah  mencintai orang-orang yang saling mencintai di jalan-Nya

Dari Abu Hurairah , Nabi berkata:
Ada seseorang yang mengunjungi saudaranya di negeri yang lain. Maka Allah  mengutus malaikat di
belakangnya. Ketika malaikat ini sampai ke orang tersebut, malaikat bertanya, “Engkau akan berangkat kemana?”
Orang tersebut menjawab, “Aku ingin mengunjungi saudaraku di jalan Allah .” Malaikat berkata, “Apakah dia memiliki kenikmatan/harta yang engkau kerjakan untuknya?” Dia menjawab, “Tidak. Hanya saja aku mencintainya karena Allah .” Malaikat berkata, “Aku adalah utusan Allah  kepadamu. Sesungguhnya Allah  mencintaimu sebagaimana engkau telah mencintai temanmu di jalan-Nya.” (HR. Muslim no. 2567)  


4. Cinta karena Allah  sebab

merasakan manisnya iman Dari Abu Hurairah , Rasulullah  bersabda:
“Barangsiapa yang ingin merasakan nikmatnya iman hendaknya tidak mencintai seseorang kecuali karena Allah .” (HR. Ahmad. Dihasankan oleh Asy-Syaikh Albani dalam Shahihul Jami’ no. 6164)

5. Seseorang akan dikumpulkan bersama orang yang dicintainya

Dari Abu Musa Al-Asy’ari z: Datang seseorang kepada Nabi n dan berkata, “Wahai Rasulullah, seseorang mencintai satu kaum namun tidak bisa menyamai amalan mereka?” Rasulullah  berkata: “Seseorang akan bersama orang yang dicintainya.” (HR. Al- Bukhari dan Muslim)

6. Cinta di jalan Allah l termasuk keimanan dan menyebarkan salam adalah sebab untuk mendapatkannya.

Dari Abu Hurairah , Rasulullah  bersabda:
“Kalian tidak akan masuk surga hingga beriman dan tidak sempurna iman kalian hingga saling mencintai. Maukah aku kabarkan satu amalan jika kalian amalkan kalian akan saling mencintai? (Yakni) Sebarkan salam di antara kalian.” (HR. Muslim no. 54)
Al-Imam An-Nawawi t berkata, “Makna sabda beliau: Tidak sempurna iman kalian hingga saling mencintai, adalah ‘Tidak sempurna iman kalian dan tidak bagus iman kalian kecuali dengan saling mencintai’.” (Lihat Ni’matul Ukhuwah hal. 5-13)

Wahai hamba Allah, marilah kita jaga persaudaraan (persahabatan) di jalan Allah , karena ini merupakan bentuk
syukur kita kepada Allah . Allah  berfirman: Dan (ingatlah juga), tatkala Rabbmu memaklumkan, “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.” (Ibrahim: 7) Mudah-mudahan Allah l
menambah erat persaudaraan dan kerukunan kita di atas Al- Qur’an dan As-Sunnah dengan pemahaman salafus shalih.



http://www.facebook.com/notes/al-ilmu/nikmat-persahabatan-karena-allah/479936452038035

Tidak ada komentar:

Posting Komentar